Wednesday, May 18, 2016

Memburu Tembakau Dan Cerutu Di Yogyakarta

Orang mengenalnya Toko Wiwoho. Sekilas bangunan di barat laut tugu pal putih yogyakarta itu masih menunjukkan wajah aslinya.
Toko Wiwoho atau Toko Tembakau dan Cerutu sangat legendaris bagi penikmat tembakau Sebelum Indonesia merdeka, toko ini sudah menjual tembakau
Ibu Wiwoho (60) tahun adalah generasi kedua dari pengelola toko yang menjajakan tembakau dan cerutu berbagai jenis.
Rupa tembakau bermerek pabrikan seperti tembakau Djarum,tembakau Sampurna hingga nama daerah lokal dari Boyolali, Trowono, Kedu dan lainnya, terjejer rapi di dalam toples. Harga tembakau di toko ini terjangkau.
"Macam-macam jenisnya, rata-rata berasal dari Boyolali, Jawa Tengah. Sebagian dari Temanggung. Untuk cerutu lokal dari Tarumartani Wismilak Djarum dan lainnya," cerita Wiwoho saat disambangi Tribun Jogja, Jumat (25/3/2016).
Tarumartani adalah cerutu legendaris asal yogyakarta yang konon menjadi cerutu favorit Raja Keraton yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X,,,Tokonya ini berdiri sejak 1920an dan dibangun mertuanya Yip Ho Tiek. Awalnya, toko ini bukan hanya menjual tembakau dan cerutu saja, namun juga barang sembako lain. Sejak 1970, toko tersebut fokus menjual tembakau dan cerutu saja, hingga kini dikelola oleh Wiwoho...Yang beli ya macam-macam, dari anak muda, mahasiswa, sampai bapak-bapak, orang tua juga ada," imbuh Wiwoho...Ciri khas toko ini selalu dijaga hingga kini. Hampir tidak ada yang berubah dari bangunan tersebut sejak puluhan tahun lalu, kecuali sebagian pintu toko diganti menggunakan pintu geser...Wiwoho dibantu seorang anaknya yang masih meneruskan usaha, karena memang sudah jarang ada di yogyakarta terutama wilayah perkotaan tersebut.

No comments:

Post a Comment